5 Tips Belajar Programming Pemula secara Otodidak

Pekerjaan programming mulai banyak dinikmati di era kemajuan teknologi seperti saat ini. Iming-iming penghasilan besar ditambah fleksibilitas bekerja dimana saja, menjadi alasan mengapa pekerjaan sebagai seorang programmer menjadi favorit di tengah masyarakat, khususnya milenial, belajar programming pemula akan sangat memungkinkan jika di iringi dengan niat dan kesiapan. 

Seringkali seseorang memilih menempuh pendidikan formal di jurusan terkait untuk mempelajari programming. Eh tapi ternyata belajar programming juga bisa dilakukan secara otodidak lho! Meskti tidak mudah, namun tak ada salahnya kamu mencoba. Apalagi bagi kamu yang memiliki ketertarikan di dunia programming. Ulasan kali ini akan memberikan tips lengkap bagaimana cara belajar programming pemula yang bisa kamu lakukan secara otodidak, di rumah sekalipun. Simak selengkapnya di bawah ini!

5 Tips Belajar Programming Pemula Secara Otodidak 

  1. Mulai dengan belajar algoritma dan bahasa pemrograman dasar

Tips pertama dari belajar coding otodidak adalah mempelajari algoritma bahasa pemrograman secara dasar. Kamu bisa mempelajari algoritma dasar dari para ahli yang tersebar di internet. Informasi terkait ini sudah sangat mudah ditemukan di dunia maya. Pemahamanmu juga akan semakin luas karena kamu bisa mendapat kesempatan untuk memperoleh ilmu dari berbagai guru atau pembimbing dari seluruh dunia. 

Selaina algoritma, yang tak kalah penting dan tak dapat dipisahkan adalah mempelajari bahasa pemrograman.  Sebagai pemula, pilih bahasa yang paling sederhana dan mudah dipahami. Setelah kamu menguasai bahasa pemrograman, kamu bisa meniingkatkan skill atau kemampuan dengan belajar bahasa pemrograman yang memiliki tingkatan lebih sulit. Berbagai referensi juga bisa kamu dapatkan di internet secara gratis. Lakukan secara bertahap agar proses belajarmu lebih menyenangkan!

  1. Disiplin dengan jadwal belajar yang konsisten 

Ketika sudah mulai, kamu harus bisa disiplin dan konsisten dalam belajar coding. Apabila di tengah-tengah belajar kamu akan malas dan akhirnya tidak meneruskan proses belajar pemrograman, semuanya akan percuma karena dalam belajar coding dibutuhkan konsisten yang tinggi.

Kamu bisa mulai dengan membuat jadwal rutin kapan kamu akan belajar mandiri. Tak pelu muluk-muluk, di awal kamu cukup menetapkan 1-2 jam wajib untuk kamu belajar coding. Hal yang kecil apabila dilakukan dengan konsisten akan menjadi berarti. Ingat ya, harus disiplin!

  1. Memanfaatkan modul dan tutorial online

Sebagai upaya belajar programming pemula, kamu bisa memanfaat platform pembelajaran online yang sudah banyak tersedia di internet secara gratis. Kamu bisa memilih platform pembelajaran online yang terpercaya bisa melalui YouTube atau website ilmu pemrograman dan lain sebagainya. Selain mendapat wawasan terkait coding dan programming, kamu juga bisa loh menyesuaikan skill dengan tren terbaru di era sekarang. 

Sebagai programmer pemula dan sedang ingin belajar secara otodidak, hal ini patut kamu coba untuk mengasah skill programming kamu.

  1. Jangan melakukan copy-paste pekerjaan orang lain

Meski belajar programming pemula tidaklah mudah, bukan berarti hal ini membenarkan alasan untuk kamu bisa copy-paste pekerjaan orang lain. Platform belajar coding memang terbuka, kamu bisa melihat script yang beredar di internet secara gratis, tapi usahakan untuk tidak copy-paste ya! Selain itu, juga jangan terlalu terpaku dengan pada modul atau tutorial online, kamu bisa mengasah kemampuanmu dengan melakukan improvisasi atau membuat coding-an buatanmu sendiri.

  1. Coba dan coba lagi!

Namanya juga belajar, tentu sekali tidaklah cukup. Kamu harus terus mencoba dan belajar dari kesalahan. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mencoba praktik langsung setelah mempelajari modul dari internet. 

Dengan praktik langsung dari apa yang kamu pelajari, kamu bisa mengevaluasi kesalahan dan memperbaikinya untuk mengasah kemampuanmu lebih baik. Jangan sungkan juga untuk berkonsultasi dan belajar dengan orang yang lebih ahli di dunia programming.

Nah, itu dia beberapa strategi jitu yang bisa kamu tempuh untuk belajar programming pemula secara otodidak. Saat ini sudah banyak platform dan modul yang tersedia secara gratis di internet dengan berbagai versi. Tentunya hal ini akan sangat memudahkan kamu untuk belajar secara otodidak. Meski tidak mudah untuk mempelajari hal baru secara otodidak, jangan jadikan ini sebagai alasan untuk kamu berhenti begitu saja di tengah-tengah ya! Kembangkan kemampuan programming yang kamu miliki dengan mencoba dan berlatih secara terus-menerus!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*