Apa Itu Programming? Yuk, Kita Kenali Dunia Programming Sesungguhnya!

Apa itu programming? Beberapa istilah yang muncul di kepala terkait programming antara lain komputer, kodingan, aplikasi, dan lain-lainnya. Padahal berbicara terkait programming tentu masih banyak elemen-elemen didalamnya yang bisa kamu kenali lebih dalam.

Pengertian Programming

Dari istilah bahasa, program merupakan suatu urutan logika dengan input dan output tertentu. Program juga dapat berupa kumpulan perintah agar komputer dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan kemauan. Lalu, program yang disatukan dengan sistem disebut aplikasi, seperti aplikasi web maupun android. Jadi secara sederhana, programming adalah sebuah proses untuk membuat program di komputer. Program yang dibuat bisa berupa software, website, aplikasi android, dan sebagainya.

Lalu, yang menjadi pertanyaan selanjutnya, bisa dari manakah untuk memulai melakukan programming? Tentunya akan ada beberapa tahapan, mulai dari tulis-menulis, menguji, merevisi, dan mengevaluasi, serta mengujinya lagi sampai program tersebut benar-benar jadi dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Jadi, dapat dikatakan programming adalah suatu proses atau kegiatan menulis dan menguji (pemrograman) agar program dapat dibuat, dan hasilnya sesuai apa yang diinginkan.

Bahasa Pemrograman

Setelah memahami pengertian dari apakah itu programming, lantas apa sih yang ditulis dalam proses programming tersebut? Tentunya, bukan tulisan biasa seperti layaknya orang menulis biasanya. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang berhubungan dengan program komputer, sehingga tulisan yang dimaksud adalah berupa kode-kode khusus yang bisa dimengerti oleh komputer.

Saat ini banyak bermunculan bahasa pemrograman yang baru. Hal ini terjadi karena seseorang berupaya menyederhanakan dan memudahkan bahasa pemrograman yang sudah ada. Tujuannya untuk pembuatan program jauh lebih cepat, efektif, dan sesederhana mungkin. Perkembangan teknologi yang begitu cepat tentu membawa dampak bagi bahasa pemrograman. Hingga saat ini ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari, antara lain:

  • Java
    Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek (OOP) dan tersusun dari beberapa kelas.  Java menjadi bahasa pemrograman andalan oleh para programmer atau pembuat aplikasi. Hal ini disebabkan karena Java dapat berjalan hampir di semua sistem operasi.
  • Python
    Bahasa pemrograman yang kedua adalah Python. Python merupakan bahasa tingkat tinggi yang juga banyak digandrungi oleh para programmer. Saat ini juga banyak perusahaan besar yang sudah mengimplementasikannya untuk mendukung perkembangan IT. Bahasa pemrograman yang satu ini mulai populer karena banyak digunakan untuk kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).
  • C++
    Sama halnya dengan Java, C++ adalah bahasa pemrograman yang memiliki sifat berorientasi pada objek. Bahasa pemrograman yang satu ini menjadi bahasa tercepat ketika dijalankan oleh mesin. Bahkan Google menggunakan bahasa C++ juga dalam mengembangkan produknya.
  • JavaScript
    JavaScript merupakan bahasa pemrograman scripting yang digunakan untuk membuat situs web agar lebih interaktif. Bahasa yang satu ini paling banyak digunakan oleh para developer web. Bahkan, sekelas Google pun memakai Javascript, dengan salah satu produknya yaitu GoogleAds.
  • PHP
    PHP merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah website. Biasanya PHP dikolaborasikan dengan HTML karena PHP digunakan untuk logisnya, sedangkan HTML digunakan sebagai tampilan kerangka web tersebut. Bahasa Pemrograman PHP cocok bagi pemula.

Keuntungan Mempelajari Programming

Pasti kamu pernah berpikir untuk apa seseorang harus belajar dan mahir pemrograman. Faktanya, mahir dalam programming akan memberikan begitu banyak keuntungan untukmu saat ini dan kedepannya. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu miliki dengan mempelajari programming:

  1. Belajar Berpikir Sistematis

Dalam menyelesaikan permasalahan, kamu harus mempunyai urutan langkah-langkah yang tepat dalam dapat menyelesaikannya. Sama halnya dengan kode program, kamu harus dapat menuliskannya secara sistematis. 

  1. Berpikir Logis

Ketika kamu hendak menyusun source code untuk membangun aplikasi ataupun website, ini merupakan tahap dalam belajar cara berpikir logis. Skill ini akan sangat memudahkan kamu dalam menangkap dan menyelesaikan suatu permasalahan.

  1. Belajar Memecahkan Masalah

Tentunya, tujuan utama dari programming yaitu untuk memecahkan suatu masalah. Tidak heran bilamana sekarang telah banyak berdiri startup di Indonesia dengan berbagai produk yang ada, seperti aplikasi-aplikasi yang berguna dalam memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi di masyarakat.

  1. Prospek Untuk Masa Depan

Memiliki keterampilan programming maupun coding dapat menawarkan prospek yang menjanjikan untuk masa depan kamu. Pertumbuhan bidang IT dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan yang signifikan. Dengan demikian, maka akan semakin terbuka dan luas lapangan kerja yang tercipta. 

Nah, setelah memahami apa itu programming, penjelasan singkat terkait bahasa programming, serta keuntungan apa saja yang akan kamu peroleh jika mahir programming. Sekarang apakah kamu tertarik untuk mengikutinya lebih dalam? Jika kamu memang tertarik di dunia IT, ini merupakan pilihan yang tepat dan menarik, dan tentunya begitu menguntungkan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*