Kenapa Penting Untuk Belajar Object Oriented Programming?

Kenapa Penting Untuk Belajar Object Oriented Programming

Object Oriented Programming? Apakah itu? Yuk belajar Object Oriented Programming adalah sebuah paradigma pemrograman yang menjadikan setiap unsur-unsur dari pemrograman sebagai objek. OOP mendukung management code, komunikasi antara code, skalabilitas, packaging dan banyak lagi lainnya. OOP sendiri begitu populer hingga saat ini dan hampir semua bahasa mendukung konsep tersebut dan akan sangat membantu dalam pembuatan aplikasi berskala enterprise

Lantas mengapa belajar Object Oriented Programming menjadi hal yang sangat penting? Ulasan kali ini akan memberikan informasi selengkapnya, simak yuk!

Kenapa Penting Untuk Belajar Object Oriented Programming?

Ini dia beberapa alasan yang mendukung bahwa Object Oriented Programming sangat penting dan tidak boleh diremehkan:

  • Bagi pengguna Framework, Object Oriented Programming tidak bisa dihindari karena hampir semua Framework yang ada di semua bahasa pemrograman berbasis Object Oriented Programming.
  • Object Oriented Programming sangat cocok pembuatan aplikasi besar. Jika membuat aplikasi besar yang memiliki kerumitan tinggi, kita dapat memecahnya menjadi bagian-bagian kecil. Sehingga kita dapat membaginya menjadi bagian bagian kecil yang akan disatukan kemudian.
  • Object Oriented Programming memungkinkan kita untuk melakukan update ataupun maintenance aplikasi tanpa perlu merombaknya dari nol. Waktu kamu menjadi lebih efisien tentunya.
  • Object Oriented Programming cocok pembuatan aplikasi secara dibuat secara tim. Gaya Object Oriented Programming memungkinkan bagian-bagian program untuk dibuat bersama-sama tanpa mempengaruhi satu sama lain. 
  • Object Oriented Programming membuat kode-kode yang kita buat menjadi lebih rapih dan terstruktur. Sehingga untuk mengubah atau reuse kode gak pusing-pusing lagi.
  • Konsep Object Oriented Programming  per adalah modul. Sehingga dengan Object Oriented Programming, kita dimudahkan untuk membuat dan membaca kode kita (efisiensi kode).
  • Konsep Object Oriented Programming juga memudahkan kita untuk menganalisa program yang kita akan buat. Ini akan sangat terasa kalau kita membuat program besar dan riwet.

Nah, bagaimana sudah paham belum betapa pentingnya Object Oriented Programming? Terutama bagi pemula, hal ini akan menjadi nilai lebih atas skill programming yang kamu miliki. Meski tidak mudah, kamu bisa dengan tekun dan disiplin untuk mendalami Object Oriented Programming melalui berbagai sumber. Ini dia tips & trik belajar Object Oriented Programming yang bisa kamu lakukan:

Tips Menguasai Object Oriented Programming

  1. Memahami Prinsip Dasar Object Oriented Programming

Sebelum langsung praktik, kamu perlu memahami terlebih dulu prinsip dari Object Oriented Programming, ya! Adapun prinsip-prinsip dari Object Oriented Programming adalah: encapsulation, abstraction, inheritance, polymorphism. Keempatnya bisa membantumu memahami cara kerja dari Object Oriented Programming.

  1. Mengikuti kursus atau training 

Belajar otodidak terkadang memang menyenangkan, namun tak selamanya mudah. Dengan mengikuti kursus atau training, kamu akan belajar Object Oriented Programming dan proses developing lain dengan pendampingan ahli.Tentunya kamu bisa lebih cepat paham!

  1. Praktik langsung

Teori saja tidak cukup, kamu harus mempraktikannya langsung! Dengan praktik langsung, ilmu yang kamu pelajar bisa menancap dan dapat diaplikasikan langsung pada beberapa kasus yang bisa kamu coba. Adapun bahasa yang bisa menggunakan metode Object Oriented Programming diantaranya: Java, Python, Ruby, Golang, dan lain-lain.

Itu dia manfaat penting dan tips & trik belajar Object Oriented Programming. Terdengar mudah tentunya, namun tak pernah mudah jika kamu tak pernah mencobanya. Kamu bisa memulainya dari nol lho! Jangan khawatir, saat ini begitu banyak sumber belajar Object Oriented Programming yang bisa kamu akses bahkan secara gratis sekalipun. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*